cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
ISSN : 24600741     EISSN : 25489364     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2" : 12 Documents clear
Sistem Informasi Piutang pada Unit Pengelolaan Keuangan Desa (UPKD) Model Desa Prima Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah Lestari, Melda Zulika; Syamsiah, Nurfia Oktaviani
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1740.287 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22946

Abstract

Unit Pengelolaan Keuangan Desa (UPKD) mulai aktif dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahaan sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. UPKD di Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah merupakan wujud pelaksanaan dari Model Desa Prima yang sudah berjalan selama 8 tahun dengan sumber dana berasal dari APBN dan dikelola oleh Desa. Dana yang ada dipinjamkan kepada masyarakat Desa khususnya untuk para Ibu Rumah Tangga yang memiliki Usaha kecil. UPKD ini masih menggunakan pengolahan data dengan sistem yang sederhana yaitu dengan menggunakan aplikasi pengolah angka dan lembaran kertas. Oleh karena itu proses pencatatan transaksi dan penyusunan laporan kerap kali memakan waktu dan terjadi kekeliruan. Untuk itu dibangunlah suatu sistem informasi piutang dengan menggunakan model pengembangan waterfall, sehingga dapat dihasilkan suatu sistem yang mampu mempermudah pengolahan data serta dengan keamanan data yang lebih baik.
Rancang Bangun Alat Ukur Suhu, Kelembaban, dan pH pada Tanah Berbasis Mikrokontroler ATMega328P Jupri, Achmad; Muid, Abdul; Muliadi, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1232.361 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.21210

Abstract

Pada penelitian ini telah dibuat sebuah alat untuk mengukur pH, suhu, dan kelembaban pada tanah berbasis mikrokontroler ATMega 328P. Pengukuran kelembaban tanah menggunakan sensor soil mouisture, Pengukuran pH tanah menggunakan elektroda dan pengukuran suhu tanah menggunakan sensor DS18B20. Mikrokontroler ATMega328P digunakan sebagaipengendali dan pemroses sinyal. Alat ini dilengkapi dengan sistem penyimpan data  menggunakan SD Card sehingga mudah untuk pengambilan data hasil pengukuran.Tahapan penelitian meliputi proses perancangan, pembuatan dan pengujian alat.Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja alat ini mampu mengukur pH, kelembaban dan suhu tanah dengan errorberturut-turut sebesar 2,68%, 1,53% dan 0,22%
Prototipe Sistem Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar Yanuarti, Elly
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1298.135 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22093

Abstract

Peningkatan kemampuan dan profesionalisme PNS di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilakukan melalui pendidikan berkelanjutan dalam bentuk pemberian tugas belajar. Kegiatan penyeleksian pegawai tugas belajar pada Badan Kepegawaian Daerah masih dilakukan secara manual, dimana teknologi informasi belum dimanfaatan secara optimal. Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data seleksi penerimaan pegawai tugas  belajar secara lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem adalah dengan metode analisis dan perancangan berorientasi objek menggunakan UML. Dengan adanya sistem informasi seleksi penerimaan pegawai tugas belajar maka pengolahan data serta penyajian informasi tentang seleksi penerimaan pegawai tugas belajar menjadi lebih cepat
Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Menggunakan Model Tiwana dan Zack Mutia, Intan; Herlinda, -; Atikah, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.915 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22686

Abstract

Penelitian ini secara jangka panjang bertujuan memberikan kontribusi untuk memperkaya penerapan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Secara akademis dapat membantu untuk : 1) Menjadi pusat pengelolaan pengetahuan bagi lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 2) Sistem dapat dijadikan sarana untuk menampung/menyimpan, mendiskusikan, memanfaatkan pengetahuan sesuai regulasi institusi, 3) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sistem informasi pada manajemen pengetahuan, demi efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar dengan kurikulum 2013 di lingkungan internal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 4) Membantu memudahkan guru mencari informasi, terutama mengenai ilmu pengetahuan berkenaan dengan mata pelajaran yang diampunya. Lokasi penelitian di Jakarta Selatan dengan subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 34 Pondok Labu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan kerangka kerja model Amrit Tiwana dan pemetaan pengetahuan menggunakan siklus KM model Zack. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Dalam upaya memperoleh data penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan atau absah, maka tahap analisis dan desain penelitian dengan pendekatan berorientasi objek dengan UML, sedangkan desain sistem meliputi perancangan database, arsitektur sistem dan antar muka KMS., Hasil penelitian ini berupa perancangan KMS berkualitas baik dengan fitur utama: input data guru, mata pelajaran, forum diskusi, memuat dan mengunduh berkas, dan pencarian berkas sesuai kurikulum 2013.
Sistem Informasi Manajemen Limbah Untuk Simbiosis Usaha Tani dan Ternak Dwiputri, Tiara; Albarda, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1013.749 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22761

Abstract

Perkembangan sektor agrobisnis pada era ini membutuhkan berbagai pertimbangan yang dapat menjamin tingkat keberlanjutan usaha. Zero waste merupakan salah satu kondisi yang dapat dicapai dengan pemanfaatan green technology untuk menghasilkan lingkungan operasi agrobisnis yang mendukung. Sebuah konsep integrasi tanaman-ternak yang diperkenalkan oleh FAO menjadi salah satu hal yang dapat diterapkan untuk membantu mengurangi pembuangan limbah dan biaya operasional usaha. Pada paper ini dilakukan perancangan sebuah sistem informasi yang dapat diterapkan pada sebuah organisasi kelompok agrobisnis skala rumah tangga untuk mendukung aplikasi konsep integrasi tanaman-ternak dengan mengolah limbah secara kolektif. Sistem informasi yang dibangun diharapkan dapat membantu pengawasan proses pengumpulan limbah kolektif serta membantu perhitungan distribusi. Pengujian rancangan dilakukan dengan membangun simulasi implementasi sistem untuk membuktikan fungsionalitas sistem.
Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi Mauludin, Rizqi; Sukamto, Anggi Srimurdianti; Muhardi, Hafiz
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1193.98 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22676

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran sistem pencernaan manusia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia masih melalui media-media konvensional seperti papan tulis dan gambar - gambar yang terdapat di buku biologi. Sementara materi tentang sistem pencernaan manusia sangat sulit untuk dilihat langsung secara langsung karena sebagian besar berada didalam tubuh. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi tentang objek 3D  yang berupa suara, diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan sistem pencernaan pada manusia yang mampu membuat pengguna tertarik mempelajarinya. Pada penelitian ini digunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Disertai dengan 1 gambar marker yang terdapat didalam buku pelajaran biologi yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D seperti gigi anak, gigi dewasa, gigi geraham, lidah, animasi pencernaan mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi siswa sekolah menengah atas (SMA), yang memperoleh materi pembelajaran sistem pencernaan manusia. Berdasarkan pengujian kompabilitas, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile  Android, mulai dari Android versi 4.2.0 (Jelly Beans) hingga Android versi 7.0 (Nougat).  Dari hasil pengujian Pre Test dan Post Test yang telah dilakukan, untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan buku biologi memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 14,5 %, sedangkan untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan aplikasi Augmented Reality Sistem Pencernaan memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 24,8 %, yang berarti Augmented Reality dapat diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pencernaan manusia.
Model E-Commerce Produk Daur Ulang Bank Sampah Menggunakan UML Irfansyah, Puput; Haryono, Sugeng
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1213.201 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22702

Abstract

Pemanfaatan website dan sosial media sebagai mesin penjual sudah mulai berkembang sejalan dengan kemajuan e-commerce. Bank sampah merupakan sumber daya bahan sampah yang dapat didaur ulang dan dijadikan produk layak pakai yang keberadaannya hingga saat ini telah berlangsung namun belum memiliki media promosi online yang sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan website yang sesuai dengan alur kebutuhan dimaksud agar website bisa memberikan kemudahan bagi pengelola bank sampah dalam memasarkan secara luas produk hasil daur ulang dan dapat menjangkau konsumen secara nasional. Website ini hanya kumpulan file yang terletak pada komputer yang terhubung ke internet. Konsep inti dari penerapan model e-commerce ini meliputi: kebutuhan, permintaan, informasi produksi, utilitas, pertukaran, konsumen dan transaksi penjual. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode object-oriented design (OOD) atau perancangan berorientasi obyek menggunakan Unified Modelling Language (UML). Website e-commerce yang dirancang diuji validitasnya sehingga menghasilakan linieritas pengaruhnya.
Sistem Informasi Manajemen Anggaran (Simangga) Perguruan Tinggi Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Siliwangi) Rahmatulloh, Alam; Husen, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1514.647 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22512

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai permasalahan klasik dalam pengelolan anggaran, yang terjadi diberbagai bidang salah satunya pada dunia pendidikan. Meskipun pemerintah telah menyediakan berbagai sistem untuk pengelolaan anggaran, namun masih diperlukan manajemen anggaran di internal. Dimulai dari pengajuan rencana anggaran dari tiap unit, kemudian penggabungan data dalam satu satker, pengajuan revisi maupun pengajuan realisasi dan pelaporan maupun monitoring statistik oleh pimpinan Perguruan Tinggi. Maka pada penelitian ini dibuat sistem untuk mengelola anggaran internal satuan kerja berbasis web yang responsive agar memudahkan akses dan monitoring pada perangkat mobile. Hasil dari penelitian ini terciptanya suatu sistem yang dapat membantu manajemen anggaran internal yang dalam hal ini satker Universitas Siliwangi, sistem tersebut sangat membantu terutama bagi perguruan tinggi negeri baru yang masih minim pengalaman.
Pengembangan Model Business Intelligence Manajemen Rumah Sakit untuk Peningkatan Mutu Pelayanan (Studi Kasus : Semen Padang Hospital) Silvana, Meza; Akbar, Ricky; Derisma, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1531.373 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22833

Abstract

Penerapan Teknologi Informasi (IT) saat ini sudah merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk sektor kesehatan. Hampir semua rumah sakit dalam operasionalnya sudah menggunakan teknologi untuk membantu kelancaran bisnis tersebut. Semen Padang Hospital (SPH) yang merupakan Rumah Sakit perusahaan PT Semen Padang, sudah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS, yang dapat mengelola data operasional sehari-hari, namun informasi yang dihasilkan masih sangat terbatas, sehingga pemanfaatan teknologi dan informasi belum maksimal. Peranan IT ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan sistem yang dapat mengekstrak dan mengubah informasi bisnis dari data operasional yang ada, sehingga nantinya dapat memberikan dukungan terhadap keputusan-keputusan strategis bisnis di rumah sakit. Salah satu sistem yang diusulkan pada penelitian ini adalah pengembangan model Business Intelligence Manajemen Rumah Sakit dalam upaya mendukung manajemen untuk pengambilan keputusan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Metodologi yang digunakan pada penelitian ada 2 yaitu studi literature dan observasi dilapangan dengan mengamati berbagai bentuk informasi yang dihasilkan dari aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang berjalan di rumah sakit serta metode Business Intelligence Road Map yang merupakan metode untuk menggambarkan langkah dan prosedur pengembangan dan penerapan Business Intelligence (BI). Setelah itu melakukan ekstraksi data dari database yang digunakan oleh perusahaan dan mengubah informasi bisnis dari data operasional yang ada menjadi informasi strategis yang nantinya dapat memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan untuk peningkatan pelayanan dan kemajuan bisnis rumah sakit. Hasil akhir dari penelitian ini adalah model dan penerapan aplikasi business intelligence untuk melakukan pengelolaan terhadap data rumah sakit dalam rangka mendukung manajemen dalam pengambilan keputusan-keputusan bisnis rumah sakit yang bersifat strategis untuk peningkatan mutu pelayanan.
Implementasi Knowledge base pada Aplikasi Data Orang Hilang (Studi Kasus: Polres Tasikmalaya Kota) Meidiyan, Mohamad Gibran; Mubarok, Husni; Rianto, Rianto
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.14 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22526

Abstract

Pada proses perkembangan suatu teknologi, pengetahuan (knowledge) dan informasi menjadi sangat penting untuk menjadi sumber daya utama yang akan sangat menunjang pada suatu instansi. Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota (Polres Tasikmalaya Kota) sebagai suatu instansi pemerintah, mengolah dan mengelola data orang hilang merupakan salah satu tugas Polres Tasikmalaya Kota yaitu pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan meningkatnya laporan orang hilang di Kota Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota membutuhkan suatu sistem yang dapat melakukan identifikasi data orang hilang berdasarkan pengetahuan (knowledge). Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mengimplementasikan Knowledge Base pada Aplikasi Data Orang Hilang di Polres Tasikmalaya Kota yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Metode penelusuran yang digunakan pada penelitian ini adalah penelusuran runut maju (forward chaining). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang berjalan sesuai dengan harapan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12